Pengalaman + Biaya Cabut Gigi Miring Bungsu Paling Belakang / Odontectomy



First, I want to say thank you for Mr.uWu, for 'sponsoring' this treatment. 
You have no idea, it help me a lot ;*

Sooooo...tiba-tiba gigi gw ngilu dahsyat, ga pernah sekalipun gw ngalamin kayak begini, of course gw panik, langsung deh tuh ya gw bikin janji kunjungan ke dokter gigi terdekat keesokan harinya. Sekalian mau konsul tambal gigi belakang tapi ada gigi lain yang ketutupan gusi.

- KUNJUNGAN I
Di check dan ditambal lah dua gigi lain diluar dari rencana (satu gigi 200rb, total 400rb). Dikasih surat untuk ke radiologi, untuk foto gigi sebelum melakukan tambal gigi belakang.

Karena dibelakangnya ada gigi bungsu alias paling belakang yang udah patah dan setengahnya ketutupan gusi. 

Kalian akan ditanyain, apakah kalian sering mengalami pegel leher belakang, nyeri atau bengkak?. Gw sendiri ga pernah mengalami keluhan seperti itu.

Lalu dokter gigi nya nyuruh gw untuk google tentang Odontectomy dan Impacted teeth. Ternyata udah banyak kok orang2 yang posting pengalaman odontectomy nya online di blog atau twitter, Thanks to you guys.. ini membantu persiapan batin dan finansial.

Gw tau gw punya gigi miring tapi kata dokter gigi pada saat itu, ini sekitar umur 15-16 tahun. Gw masih ingat beliau bilang kalau memang tidak ada keluhan maka tidak perlu diangkat.

-Biaya Foto / Rontgen Gigi di Radiologi Rumah Sakit 250rb
Ok next, selanjutnya foto gigi, bisa ke lab prahita atau rumah sakit yang punya fasilitas ini, tanya aja dokter gigi nya tentang harga dan enaknya foto gigi dimana. Cepet kok proses foto gigi ini, 30 menit juga kelar karena ga ngantri dan hasil fotonya cepat keluar. Dokter gigi nya sih bilang, hasil foto gigi ini hanya valid untuk 3 bulan.

-KUNJUNGAN II
Gw ke dokter gigi lagi untuk mendiskusikan hasil foto gigi. Dari masalah yang ditemukan, tindakan yang diperlukan, waktu dan paling utama biaya.



Permasalahan :
1 kalian liat gigi bungsu gw miring banget ye..dan udah bolong/patah..kita sebut ini gigi tidur.
2 gigi di depannya,kita sebut ini gigi 2, yang dalam waktu 6 bulan ini makin lama makin lebar bolong dan patah nya.
3 gigi bagian atas gw ternyata bolong juga, miring pula.
4 sepertinya gw harus konsul k bagian tht, karena sepertinya gw punya sinus dibagian kanan
5 ini gw lupa, pokoknya sesuatu dengan saraf...hmmm kalo kalian tau itu apa? coba jelasin, gw lupaaa >_<

Tindakan yang perlu diambil pun bertahap:
1 kali ini gigi 2, dibersihkan dan dimatiin saraf nya, tambal sementara, karena tambal permanent untuk gigi ini akan menjadi tindakan terakhir setelah semuanya selesai.
2 bikin janji tindakan odon dan konsumsi obat yang diberikan sebelum melakukan odontectomy.

Total hari ini 200rb untuk tambal sementara, 20rb untuk obat persiapan sebelum odon, jadi 220rb.

-KUNJUNGAN III (odontectomy)
Tiba saat hari H, sebelum odon : WAJIB makan dan minum yang banyak, persiapan bakal denger suara bor, bius, tang, perasaan ditarik-tarik.

Disini gw cabut 2 gigi : gigi atas dan bawah posisi paling belakang. Untuk ngambil gigi tidur ini gw makan waktu 3 jam, 4-5 ampul bius pulpen (suaranya cetek2 gitu gaes) dan selama 3 jam di kursi itu, gw cuman bisa berdoa semoga cepet selesai, sempet kepikiran kenapa juga gw ngambil tindakan ini, trus mukanya Mr.Uwu muncul untuk menenangkan gw.

Hahhahahhaa kayak nyesel tapi you cannot go back, masa iya lu cancel ditengah tindakan, GELOOO!!! truss yaaa.. 3 jam harus mangap maksimal..pegeuullll

Setelah odon, dokter menyarankan untuk tidak mengecap lidah, berkumur, meludah. Nanti kalian disuruh gigi kapas kasa sampai darah tidak muncul lagi. Semua ini dilakukan kurang lebih 30 menit setelah odontectomy.

And then, gw pulang and then tidur siang dan baru makan 6 jam kemudian, like damn...pegel dari dagu depan ke belakang.

Untuk obat. gw dikasih antibiotik dan obat bubuk rasa mint yang harus dikonsumsi setelah makan, obatnya wajib diminum untuk mencegah infeksi dan mengurangi inflammatory.

$$ BIAYA CABUT GIGI MIRING / ODONTECTOMY $$
Untuk satu gigi odontectomy ya, ini bukan cabut gigi biasa ya pemirsah. Harganya 1,5juta per gigi dan harga ini bervariasi, jadi harga nya bisa berbeda-beda antara klinik dokter, rumah sakit umum dan swasta.

Misalkan kalian punya bpjs atau asuransi, tindakan bisa dilakukan di rumah sakit karena disini gw bayar cash, jadi gw gak mengetahui seberapa persis proses bpjs/asuransi.

So.. satu gigi 1,5 juta, karena 2 gigi, 3juta + obat 130rb, total hari ini 3,130,000.

Setelah cabut gigi,
Dokternya menyarankan balik lagi setelah 2 minggu, asisten nya yang ingetin gw. Selama dua minggu itu rasanya makan ga nyaman, belum leluasa mengunyah, menguap. Hal basic seperti menggembungkan pipi kayaknyaa ughh susah. Tapi harus tetap dilatih, supaya kembali normal, jangan terlalu memaksakan juga ya. Gw sendiri berasa normal setelah 1 bulan setelah Odontectomy.

-KUNJUNGAN IV (terakhir)
Tindakan pada kunjungan ini antara lain : 
lepas jahitan 100rb
pengasahan 150
tambal permanent gigi2  200rb
pengisiian 200rb

Total hari ini 650rb

Oh yaa..gw posting dong tuh ya biaya dan foto gigi dan mendapatkan respon seperti :
"kok mahal banget? gw cabut gigi ga segitu deh."
Yee paijoo... kasusnya apa dulu? sampai 2-3 jam kah prosesnya?. Gw juga tau kalo cabut gigi biasa ga semahal dan selama itu.

dan respon seperti..

"iiihh gw juga begitu gigi nya, haduhh mau cabut tapi denger suara bor nya itu loh"
Wew guys, ini sudah sampai tahap mana? pusing, bengkak, ngilu kah?

Ada baiknya konsultasi aja dulu, toh dokter nya hanya menyarankan tindakan apa yang perlu diambil, kan keputusannya ada ditangan kalian. Kalo ga mau, yaa gakpapa juga, kan yang sengsara kalian >_<', jahat.

SEMUA KUNJUNGAN DIATAS GW LAKUKAN DI BULAN YANG SAMA. Biar cepet kelar dan kedepannya ga ada masalah gigi lagi. Ini pengalaman gw odontectomy alias cabut gigi bungsu paling belakang dengan kondisi gigi horizontal alias miring.

Oh..kalo mau ada yang ditanyain, silahkan komen. Sapa tau temen2 yang udah pernah ngalamin ini juga bisa bantu kalian.

Have a good day gaes,thank you udah baca & nonton gw sharing cerita mengenai odontectomy. Sehat selalu dimanapun kalian berada.


MegaKristin

2 comments:

Shadz said...

♥♥♥ awesome and very helpful :)

Shadz said...

♥ ♥ ♥ awesome, very helpful. :)