Kartu Kredit 101 | WAJIB TAU!! Tips Pakai CC, Untung & Rugi, dll.


Pastinya kalian pernah tergoda untuk punya Kartu kredit atau CC (credit card). Pernah kah? Ada baiknya simak poin penting di blog post ini.

Gw sharing mengenai kartu kredit. Dari apa saja yang harus kalian punya/pikirkan sebelum punya kartu kredit, untung & rugi nya punya kartu kredit, tips pemakaian berdasarkan pengalaman gw pribadi.


1. Yang Perlu DiChecklist
a. Punya Pendapatan.
Pastikan kalian punya pendapatan untuk bayar tagihan karena bank ga menerima daun untuk pembayaran, situ Suzanna?

b. Tujuan Mau Punya/Pakai Kartu Kredit.
Pikirkan baik-baik kenapa kalian mau punya atau pakai kartu kredit, apakah sangat diperlukan atau masih bisa menggunakan kartu debit/cash.

c. Pemilihan Kartu Kredit.
Saran gw, pilih yang annual fee/biaya tahunan kartu paling murah 7 memberikan banyak keuntungan sepert diskon pembelanjaan, rewards, dsb nya. Contoh biaya annual fee, Transmart Visa Bank Mega IDR 400,000,-/tahun & BCA Visa Batman IDR 125.000,-/tahun. Kalian akan pilih yang mana?.

2. Untung & Rugi nya Punya Kartu Kredit.
a. Kerugian
- Suka ditelfonin untuk penawaran asuransi.
- (Gatau deh ini ada hubungannya atau gak) Di sms/whatsapp penawaran KTA.
- Hedon/Sifat konsumsi jadi meningkat jadinya suka beli barang yang gak penting.
- Untuk yang suka gonta-ganti no. hp? kalo ya, brarti kalian harus rajin update data diri dengan telfon ke call center bank penerbit kartu kredit karena kartu kredit harus terkoneksi dengan nomor handphone kalian.

b. Keuntungan
- Bisa digunakan untuk Biaya Tidak Terduga (URGENT banget..banget!!). Contohnya untuk rawat inap & pengobatan di rumah sakit yang tidak tercover oleh bpjs/asuransi, seasonal event ( parcel natal/lebaran ) atau ingin traktir saudara yang tiba-tiba datang kerumah.

- Backup dana saat travelling jika butuh sesuatu yang urgent sekali (diluar dari budget). Apalagi pada saat itu dana cash tidak mencukupi dan tidak ada yang bisa dimintai tolong.

- Bisa belanja dari website luar negeri yeng mengharuskan kita punya kartu Visa atau Mastercard untuk metod pembayaran nya.

- Tambahan Modal Usaha. Kalian bisa gesek kartu kredit atau melakukan pembayaran di toko suppliernya atau melakukan tarik tunai.

- NUMERO UNO keuntungan pakai kartu kredit adalahhhhh.... CICILAN 0%!!! Yayyyyy!! kenapa ini sangat menguntungkan? karena kalian bisa membeli barang tanpa dikenakan bunga dengan metode pembayaran dicicil.


10 Tips Pemakaian Kartu Kredit ala MegaKristin
1. Jangan sebar nomor CVV & Foto kartu kredit kalian ke sosial media. Karena dapat disalah gunakan oleh pihak lain.

2. Selalu pakai PIN untuk bertransaksi walaupun masih ditawari untuk pakai PIN atau tanda tangan.

3. Catat data kartu kredit kalian di media lain seperti di buku atau notes. Misalkan kartu hilang setidaknya kalian punya data backup kartu.

4. Siapkan data kartu tersebut sebelum kalian telfon ke call center bank, karena operator akan selalu melakukan verifikasi data. Kalau pertanyaan operator tidak terjawab maka tidak dapat diteruskan untuk selanjutnya. Huffhh..ngabisin pulsa kalo telfonnya pakai hp.

5. Punya catatan transaksi katu kredit tesendiri, bisa di buku atau applik Excel. Mau yang lebih praktis? Download aplikasi kartu kredit nya, aplikasi ini akan sangat membantu kalian untuk melihat transaksi & jumlah limit kartu.

6. Ganti tanggal penagihan sehingga tanggal jatuh tempo nya tidak terlalu mepet dengan tanggal gajian. Udah pernah ngerasain tiba-tiba gajian diundur? Gw harap sih gak ya, bikin cemas loh.

7. Jangan bayar minimum payment jika kalian tidak mau kena bunga.

8. Selalu bayar full + biaya materai 6000 + biaya informasi transaksi (kalau ada).

9. Lakukan pembayaran via ATM dengan MENU TRANSFER ANTAR BANK : 3 digit nomor bank + 16 Digit Nomor Bank Kartu Kredit + Nominal Pembayaran. Dengan metode ini limit kartu kredit kalian akan masuk pada saat itu juga, tidak perlu 3 hari kerja.

10. BACA & pelajari brosur yang datang bersamaan dengan kartu kredit. Disana banyak sekali informasi mengenai perhitungan bunga kartu kredit, berbagai jenis biaya, dsbnya.

Semuanya sudah dimengerti? Kalau masih ada yang ingin ditanyakan, silahkan saja di kolom komentar. Tapi jangan tanya 'gimana caranya bayar utang 10M', kenapa bisa ngutang sampai 10M, tanyakan ke diri anda sendiri.

Untuk video nya sudah saya upload di YouTube. Silahkan yang mau nonton.


Bijaklah Pakai Kartu Kredit
MegaKristin
IG @megakistin19
Twitter @megakristin



0 comments: