Surat Beacukai POS Pasar Baru >Yang Harus Dilakukan > [SUKSES : BARANG DIRELEASE]


For the second time kena surat ‘cinta’ bea cukai pasar baru lagi. 

Transportasi ke kantor pos pasar baru, naik kereta turun di Stasiun Juanda, nyebrang jalan ke kanan, jalan kaki lurus ke arah Pasar Baru terus belok kanan. Males jalan kaki, naik ojek pangkalan ongkos Rp 10rb. Naik busway, turun di halte Pasar Baru. Udah deket banget dari situ. 

For this case, barang yang gw beli adalah 1 palette makeup dari BH Cosmetics, US. Harga $16, ongkos kirim by post $7. Total $23. 

Kali ini surat nya satu halaman (sebelumnya ada 3 lembar) yang menegaskan gw harus punya ijin bpom dan ijin edar usaha. Gw email ke alamat yang dituju, menanyakan surat yang harus dilengkapi, wuooo banyak banget, ga mungkin juga gw lengkapin.

Dua hari kemudian, gw langsung ke Kantor Pos Pasar Baru ke Bagian Bea Cukai. Pasrah deh kalo di retur. Jangan lupa bawa surat nya, siapin invoice orderan berisi nama barang, qty dan harga (baik berupa print atau screenshot yang akan di print disana), berpakaian rapih dan bawa cash.

WHAT TO DO : 
Yang pertama , ambil no antrian dari Queuing System (touch screen) di sebelah kanan pintu masuk. Ada TV sebagai hiburan sembari menunggu dan disitu tertera update’an nomor antrian yang ke berapa. Jangan kelewat ya.. 
 
Yang kedua, serahin surat yang dikasih Staff Bea Cukai. Bilang isinya ‘palette makeup 1 pcs aja, harga nya kurang dari $50, $16 sama ongkir $23.’ 
Yang ketiga, staff akan minta bukti invoice yang ada nama, harga, jumlah barang. Di screenshot dan kirim ke email bea cukai yang kemudian di print di tempat oleh staff. Terus dibawa kedalam.
 
Yang keempat, sembari staff konfirmasi invoice dengan staff yang berada di dalam ruangan, kita mengisi beberapa form, siapin KTP ya. Form terakhir adalah konfirmasi bahwa kita menggunakan barang tersebut dipakai sendiri, bukan untuk di jual.
Terakhir, staff memberikan lembaran surat baru yang menandakan bahwa barang kita di release, bisa di ambil saat itu juga di bagian ‘kiriman internasional’. Ruangan nya terpisah dari gedung utama, turun ke lantai 1, tanya petugas ‘mau ambil paket dari luar negeri’, ngelewatin parkiran mobil Pos Indonesia nanti diarahkan ke Mushola karena ruangannya dekat situ.




Di ruangan tersebut, yang perlu dilakukan :
Yang pertama, langsung isi formulir di meja counter (isi nama, nomor paket/CN, nomor hp, tanda-tangan) terus kumpulin surat pengeluaran barang ke staff counter Pos.

Yang kedua, nama gw dipanggil terus disuruh bayar Rp 20.000,- dan tanda tangan. Karena gw ga bawa cash dan di counter ga ada mesin edc jadi tidak menerima pembayaran kartu debit / credit, gw jalan dulu ke pintu depan, ada ATM centre disitu.

Biaya Rp 20,000 ini sebenarnya biaya lazim yang gw bayar ke Pak Pos berdasarkan invoice yang beliau kasih. Entah kenapa kali ini gw disuruh ambil sendiri paket nya, ga dianterin Pak Pos.

Terakhir, barang diterima. Yayyy!!.. Luar biasa. 

Jadi inget kenapa yang kemarin ituh main langsung minta retur aja, dana refund ga sampe, barang juga ga dapat. Hhuhuhu...learn my lesson, sabar dan tanya dulu. 

See you again in my next post dear..

Hugs,

M.K

0 comments: