CARA KLAIM EKLAIM BPJS KETENAGAKERJAAN


Straight to the point!! 

Kenapa harus eklaim ? 

- Kuota penerimaan klaim bpjs manual di kantor BPJS beda-beda say. Misal di Bekasi Kota, 55 orang per hari untuk manual, yess untuk yang mau ngantri jam setengah 6 pagi. Berkas nya di check dulu oleh staff bpjs, bisa klaim atau tidak pada hari itu. Eklaim sudah punya antrian nya sendiri karena sudah terdaftar untuk tanggal tsb dari 5 hari sebelumnya. Jadi pasti udah dapat antrian claim online.

- Antrian online akan didahulukan oleh staff counter SETELAH peserta klaim dengan umur ≥ 55tahun. Jadi urutan nya adalah lansia -> online -> manual. 




Eklaim (hasil scan / foto yang di upload harus minimal 100kb & Max 1,5MB)
-Form F5 udah langsung dibuat ((kalo manual : Ngantri, cek kelengkapan dokumen, baru dikasih form ini untuk diisi, JGN Lupa bawa pulpen ya))
-Fotocopy Buku Rekening
-Fotocopy KTP
-Fotocopy Kartu Keluarga 
-Scan/Foto jelas Kartu BPJS Ketenagakerjaan
-Surat Keterangan Mengundurkan Diri dari Perusahaan ke Disnaker perusahaan terdaftar



HOW! HOW! 
o Daftar / Sign-in di web bpjsketenagakerjaan supaya bisa lihat saldo bpjs dan mengajukan eklaim. Yang diperlukan email pada saat daftar, no kpj 12 digit , tanggal lahir, no ktp. Di https://sso.bpjsketenagakerjaan.go.id

o Siapkan, scan atau foto, fotocopy dengan jelas dokumen untuk di upload. Ntar JANGAN LUPA BAWA ASLI untuk di check kebenarannya. 

o KTP / Paspor yang masih berlaku, 

o Kartu Keluarga, 

o KPJ/ Kartu Peserta Jaminan Pensiun BPJS Ketenagakerjaan, 

o Paklaring / Surat Pemberitahuan Berhenti Kerja, 

o Surat Lapor Perusahaan ke Disnaker perusahaan terdaftar (ada contoh nya nih di kantor BPJS Bekasi, buat aja sama dan diganti nama, tanggal, daerah nya. Foto di bawah ini), 

o Buku Tabungan, 

Sudah terkonfirmasi, setelah itu :
- Print email dari BPJS yang menyatakan konfirmasi kedatangan di tanggal tsb.
- Print form F5 yang di email oleh BPJS berupa format .pdf
- Datang pagi. Pakaian sopan dan rapih. 
- Sarapan dulu biar ga pingsan nungguin hahahaha..
- JANGAN LUPA ! Bawa pulpen, jaket (kantor nya dingin sayy..), HP full charge biar ga bosen, snack dan air (gw sih laperan orang nya..)

::::::::::::::: TUNGGU EMAIL KONFIRMASI :::: UDAH 1X24 JAM BELUM DAPAT EMAIL NYA? SUBMIT ULANG LAGI ::: SAMPAI DAPAT EMAIL BALASAN BERUPA TANGGAL KAPAN KITA HARUS DATANG & FORM F5 YANG HARUS DI PRINT DAN DIBAWA PADA SAAT KLAIM :::::::::::::::::

Pada hari H nya :

- Datang di tanggal yang sudah ditentukan via email bpjs tsb
- Datang sebelum jam 
- Kasih liat email dari BPJS ke Satpam. Abis itu, dapat nomor antrian khusus eklaim 
- Tunggu panggilan no antrian tsb untuk diganti ke nomor antrian online
- Sambil menunggu akan ada Staff yang menginformasikan supaya beralih ke Kartu BPJS Mandiri. 
- Ketika proses dimulai. Peserta yang didahulukan adalah usia 55thn ke atas, setelah itu antrian online lalu antrian manual. Yaaa.. lu ikutin aja apa kata staff nya.


 

- RAPIHKAN berkas yang diberikan. SIAPKAN berkas ASLI. SERIOUSLY GOOD PEOPLE, disini yang bikin lama kalo lu ngasih nya berantakan, staff nya mesti ngerapihin dulu sebelum di check. 

- Di tanya-tanya sayy.. nama? Alamat? PT apa? Bidang apa? Kantornya dimana? gaji terakhir berapa duit? dll. Jawab aja seingetnya.

- Di FOTO di tempat oleh petugas.

- KURANG SURAT DARI PERUSAHAAN KEPADA DISNAKER. Apa yang harus dilakukan? Kamu minta ke perusahaan untuk dibuatkan surat dengan contoh dari mading BPJS ini. Nih udah gw fotoin, kalian tinggal kasih tau ke HRD nya, kalau HRD nya ga ngerti surat apa yang dimaksud. 

Contoh Surat Lapor dari perusahaan kepada disnaker
Loh tapi kok bisa eklaim? Itu yang di upload ternyata salah surat say..hahaha...

- Karena ada kekurangan, berkas dibalikin dan staff BPJS akan mencetak beberapa dokumen untuk kita bawa nanti. Kali ini, ga balik ke kantor BPJS tapi ke Bank. Contoh : Bank BNI. 

- Setelah berkas lengkap. Datang ke bank pada jam yang telah ditentukan. CS akan ngecheck dokumen-dokumen nya, ngeraba keabsahan tanda-tangan setiap dokumen, buka rekening di bank tsb, bayar materai dan adm ke teller sekitar Rp. 16.000,-, simpan kertas kuning yang sudah di cap oleh cs bank tsb. 

- CS akan menginfokan bahwa saldo akan masuk kurang lebih 2 minggu. Kalo belum masuk disuruh balik ke kantor BPJS, tanya alasan kenapa belum cair saldo nya. Tapi dalam 1 minggu, juga udah masuk.

Apa yang perlu dilakukan setelah resign (untuk kepentingan klaim BPJS di waktu yang akan datang)?

LANGSUNG MINTA ke HRD yang terhormat, Surat Keterangan Kerja / Paklaring dan Surat Lapor Perusahaan ke Disnaker perusahaan terdaftar. 

Biar ga ribet misalnya kita pindah kerja keluar kota atau udah malas harus bolak-balik berurusan sama perusahaan yang lama. Menghemat waktu juga kan. 

Di catatan mading BPJS ini ada keterangan penting seperti :
Persyaratan berkas untuk klaim BPJS JHT
Apa yang diperlukan jika nomor KPJ hilang?
Apa yang diperlukan jika Paklaring / Surat Keterangan Kerja hilang?
Apa yang diperlukan jika tidak punya paklaring dan perusahaan sudah tutup?

Misalkan kalian masih ragu-ragu, ada baiknya langsung tanya ke kantor BPJS. Kalau via telephone lama jawabnya. 

Semoga postingan ini membantu kalian yang ingin mencairkan klaim BPJS Ketenagakerjaan ya.. 



Warm Regards,
M.K



0 comments: